Entries

Mental Preman Itu Sulit Mengontrol Diri




Senin, 08 Juli 2013



Dunia Olahraga:  Tinju


Penuturan Daud Jordan tentang masih kurangnya pembinaan Olahragawan di tanah air...

Indonesia masih mengalami masalah dengan pembinaan. Menteri bidang olah raga yang semestinya ikut berperan penting terhadap perkembangan tinju nasional, baik amatir maupun profesional, malah sering diganti. 

“Jadi tidak ada yang tuntas. Selalu dimulai lagi dari awal dan mulai belajar dari awal. Ini sangat berpengaruh kepada olahragawan,” paparnya. 


Petinju yang biasa dipanggil Cino ini sangat berharap antara pemerintah dan swasta konsisten membantu pengembangan tinju di Tanah Air. Jangan sampai seperti kasus rencana pembangunan kompleks olah raga di Hambalang. "Niatnya bagus, tapi pelaksanaannya yang salah," jelasnya.  


Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah pengelolaan yang tidak setengah hati. “Kalau maksimal, pasti bisa menyamai prestasi tinju di luar sana,” harap Daud. 


Mungkinkah anak putus sekolah atau preman menjadi petinju? 


Daud menepis hal itu. Bukan apa-apa, mereka akan mengalami kesulitan mengikuti sistem pertandingan di atas ring. Tentu lain halnya jika sudah mengalami pembinaan lama, seperti lazimnya petinju profesional. 


Daud menuturkan, pertandingan tinju dilihat oleh banyak orang, sehingga menjadi bagian dari hiburan. Selain itu durasinya juga cukup panjang. 


Karena itu kemampuan menjaga pertandingan tetap enak ditonton, serta kemampuan mengontrol diri menjadi sangat penting dimiliki oleh seorang petinju. “Mental preman itu sulit mengontrol diri,” kata petinju kelas bulu super ini.


Itu tanggapan di mata seorang sekelas Daud Jordan yang telah malang melintang di dunia olahraga tanah air. Sedang menurut pengamatan saya sendiri menilai dari sudut pandang orang awam, kurangnya pembinaan & penghargaan di tanah air tidak hanya di bidang olahraga, tapi meluas ke bidang-bidang lainnya. Mungkin itu patut dijadikan PR bagi para abdi negara untuk memikirkan bagaimana agar bisa lebih mengharumkan nama bangsa  di mata dunia! 

Semoga ada angin segar (nafas baru) untuk perkembangan bidang olah raga di negeri tercinta kita ini. Dan semoga juga dengan bidang-bidang lainnya... 

Hidup Indonesia... Negeriku Tercinta  <3 !!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

We Are Big Community

Behind the Web

Copyright © 2010 • puisi terindah • All rights reserved